Mengenal Kelebihan Mesin Fotocopy Digital

Mengenal Kelebihan Mesin Fotocopy Digital  - Mesin fotocopy dapat dibedakan menjadi dua sistem fotocopy yaitu sistem analog dan sistem digital. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Sebenarnya perbedaan utama antara mesin fotocopy analog dan digital terletak dari cara kerjanya. Mesin fotocopy analog menggunakan rantai atau timing belt sebagai alat penggerak komponen di dalam mesin. Sedangkan mesin fotocopy digital menggunakan processor elektronik untuk menggerakkan komponen di mesin fotocopy. Kelebihan mesin fotocopy digital sangat banyak, kita akan membahasnya kali ini.

Berikut ini beberapa kelebihan mesin fotocopy digital yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1) Sistem dalam proses fotocopy
Mesin fotocopy digital memiliki fungsi mencetak banyak dokumen cukup dengan satu kali scan dokumen, berbeda dengan analog yang hanya dapat mencetak satu dokumen dalam satu kali scan. Sistem ini bernama one scan print many.
Mesin digital mampu menata dokumen yang disusun dari banyak halaman secara langsung tanpa perlu disusun sendiri. Hal ini memudahkan penggunanya mengcopy dokumen tanpa perlu repot menyusunnya. Sistem ini dinamakan auto arrange atau finisher.

3) Sistem cetak dokumen lebih cepat
Mesin fotocopy digital dapat mencetak dokumen lebih cepat karena kemampuan cetakan hingga 50 lembar kertas A4 per menit. Sistem ini dapat disebut quick scan and copy.

4) Sistem menggabungkan dokumen
Kelebihan mesin fotocopy selanjutnya adalah mesin digital juga memungkinkan penggunanya menggabungkan sejumlah dokumen dalam satu layar. Sistem ini dinamakan image combination tool.

5) Sistem penggandaan copy
Mesin fotocopy digital membuat penggandaan copy pada selembar kertas. Contohnya ketika mencetak 10 buah SIM, maka hanya perlu 1 kali melakukan scan pada SIMnya. Sistem ini bernama image repeat tool.

6) Terkoneksi dengan komputer
Kelebihan selanjutnya dari mesin digital adalah dapat terkoneksi ke komputer sehingga memungkinkan mesin fotocopy memiliki dua kegunaan, yaitu sebagai mesin cetak dan mesin copy. Koneksi antara mesin digital dan perangkat komputer harus memakai kabel UTP.

Namun selain kelebihan diatas ada pula kekurangan mesin fotocopy digital, seperti misalnya mesin digital terlalu sensitif akibat sensor-sensor dalam mesin mampu mendeteksi kerusakan juga kesalahan di dalam proses pencetakan atau fotocopy. Hal ini membuat mesin digital lebih rentan rusak dibanding mesin analog. Kekurangan lainnya adalah mesin digital sangat bergantung pada tingkat tegangan listrik dan harga mesin fotocopy terbaru jenis digital sangat mahal karena teknologi yang dipakai mesin ini lebih canggih dibanding mesin analog.

Kelebihan lainnya dari mesin fotocopy ini adalah suara mesinnya yang halus sehingga tidak mengganggu para penggunanya. Demikianlah informasi mengenai kelebihan mesin fotocopy digital dibandingkan dengan mesin fotocopy analog. Jika Anda hanya pengguna mesin fotocopy lebih baik memilih menggunakan mesin digital, namun jika Anda harus memutuskan membeli mesin fotocopy jenis apa sebaiknya pilih sesuai bujet yang tersedia.

Previous
Next Post »