Mengenal Prinsip Kerja Mesin Fotocopy Digital dan Manual

Prinsip Kerja Mesin Fotocopy Digital dan Manual - Pernahkah Anda melihat cara kerja dari mesin fotocopy? Yang Anda lihat pada saat melakukan fotocopy adalah dokumen disinari kemudian hanya dalam hitungan detik salinan dari dokumen sudah bisa Anda dapatkan. Tahukah Anda, sebenarnya prinsip kerja mesin fotocopy baik yang digital maupun yang manual menggunakan prinsip listrik statis dan gaya tarik menarik magnet dalam komponen yang ada didalam mesin fotocopy. Kecepatan kerja dari mesin fotocopy ini dipengaruhi oleh jenis mesin fotocopynya. Mesin fotocopy digital mempunyai kecepatan kerja yang lebih cepat dibandingkan yang manual.

Proses kerja mesin fotocopy yang selama ini kita ketahui hanya sebatas caranya saja. Nah, untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini akan diberikan prinsip kerja mesin fotocopy baik yang digital maupun manual:

1. Pertama kali dokumen diletakkan pada kaca fotocopy maka dokumen akan difoto oleh laser yang ada dibawahnya. Anda tentunya sering melihat bukan ada laser yang jalan pada bagian bawah mesin fotocopy? Nah, itu merupakan proses foto yang dilakukan oleh mesin fotocopy.
pengertian cara kerja mesin fotocopy digital,cara kerja mesin fotocopy berdasarkan listrik statis,cara kerja mesin fotocopy fisika charging,cara menggunakan mesin fotocopy canon,

Cara Memilih Mesin Fotocopy Untuk Usaha Yang Bagus

2. Setelah itu, foto yang didapatkan ini diberi muatan listrik positif. Muatan positif ini menarik toner atau serbuk yang bermuatan negatif sehingga menempel pada bagian yang mempunyai muatan positif gambar tersebut.

3. Selanjutnya kertas yang ada dibaki kertas akan ditarik menuju serbuk yang sudah tergambar oleh tulisan atau gambar yang sudah terbentuk tadi. Kertas ini mempunyai muatan positif sehingga serbuk tadi yang bermuatan positif akan menempel.

4. Proses selanjutnya, kertas yang sudah ditempeli oleh toner akan dileburkan dengan menggunakan drum yang panas sehingga antara kertas dan toner bisa menyatu dengan sempurna.

5. Pada akhirnya kertas yang sudah tertempel toner ini akan keluar. Dan jika Anda perhatikan, kertas hasil fotocopy selalu akan hangat atau panas. Hal ini disebabkan oleh proses pemanasan yang dilakukan dalam mesin untuk menghasilkan hasil duplikasi.

Cara kerja mesin fotocopy diatas ini terjadi pada mesin fotocopy digital maupun manual. Hanya saja, pada mesin fotocopy digital kecepatan pemanasan dan penempelan toner lebih cepat dibandingkan dengan mesin fotocopy manual. Selain itu, mesin fotocopy digital juga sudah dilengkapi dengan layar yang dapat membantu Anda dalam mengoperasikan mesin fotocopy. Tidak hanya itu, mesin fotocopy digital juga sudah banyak dilengkapi dengan fitur scanner.

Prinsip kerja mesin fotocopy baik digital maupun manual secara umum dibagi menjadi 5 bagian yaitu charging, exporuses, developin, transfer, dan fusing. Semua proses ini harus dilalui dalam proses duplikasi dokumen dengan menggunakan mesin fotocopy. Mengenali prinsip kerja dari mesin fotocopy memang suatu keharusan bagi para operator mesin fotocopy. Hal ini dikarenakan para operator mesin fotocopy harus paham benar proses kerja dari mesin yang dioperasikannya. Sehingga jika terjadi kerusakan bisa langsung mengenali penyebab dan bagian yang rusak.

Previous
Next Post »