Cara Kerja Mesin Fotocopy yang Lengkap dan Jelas

Cara Kerja Mesin Fotocopy - Anda mungkin telah sering menggunakan jasa fotocopy. Tapi apakah Anda pernah memperhatikan bagaimana cara kerja mesin fotocopy? Bagi orang yang masih awam, mungkin mereka akan terheran-heran saat melihat mesin fotocopy yang mampu mencetak salinan dengan sama persis dengan masternya. Namun demikian, bagi orang-orang teknik, mereka pastinya sudah paham dengan bagaimana mesin fotocopy tersebut bekerja hingga menghasilkan salinan yang sama persis. Ingin tahu bagaimana mesin fotocopy bekerja?

Pada dasarnya, cara kerja mesin fotocopy ini mengikuti fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar. Dari fenomena alam tersebut maka menginspirasi sang penemu, Chester F. Carison untuk menciptakan mesin fotocopy ini. Fenomena alam tersebut, antara lain:
  • Daya tarik yang terjadi antara dua buah bahan yang bermuatan listrik yang arahnya berlawanan.
  • Beberapa jenis bahkan akan bertindak sebagai konduktor atau penghantar listrik yang akan jauh lebih baik jika mereka terkena cahaya.
cara kerja mesin fotocopy digital,cara kerja mesin fotocopy berdasarkan listrik statis,artikel cara kerja mesin fotocopy,cara kerja mesin fotocopy canon fisika,cara kerja printer laser,

Ini Dia Tips Mudah Merawat Mesin fotocopy

Semakin penasaran dengan cara kerja mesin fotocopy? Yeah, dibawah ini kita akan melihat beberapa cara atau prinsip kerja dalam mesin fotocopy dalam melaksanakan tugasnya untuk menyalin dan mencetak dokumen, antara lain:
  • Adanya pencahayaan pada mesin fotocopy. Pencahayaan ini berasal dari lampu jenis ekspose yang bertujuan untuk menyinari dokumen yang telah disiapkan di tempatnya. Dokumen tersebut diletakkan pada posisi terbalik.
  • Setelah terkena sinar, maka tampilan dokumen akan dipantulkan lewat lensa ke tabung drum. Tabung drum kemudian akan menghasilkan elektron-elektron. Lalu, akan ion positif yang telah dihasilkan corona wire atau kawat pijar akan netral.
  • Ion positif yang terdapat dipermukaan drum akan menarik toner atau serbuk hitam yang berada di developer yang memiliki muatan negatif.
  • Kemudian, kawat pijat akan diberi tegangan DC yang tinggi sehingga drum akan bermuatan positif.
  • Dokumen yang berbentuk kertas yang sedang mengalami proses peng-copy-an tersebut akan melewati bagian bawah drum saat drum berputar. Namun saat kertas mencapai bagian mesin fotocopy tersebut, kertas akan bermuatan positif. Hal tersebut akan dilakukan oleh kawat 2.
  • Setelah itu, kertas akan menarik toner dengan kuat. Lalu, kertas akan berpindah melalui rol panas dua buah yang bertekanan. Rol panas tersebut kemudian akan membuat toner meleleh dan membuatnya menempel pada kertas dengan sangat erat.
  • Dengan proses dalam cara kerja mesin fotocopy tersebut maka akan tercipta hasil salinan yang sama dengan master aslinya.
  • Setelah itu, toner akan turun pada kertas dan drum tetap berputar hingga melalui cleaning blade dan kawat 1. Dengan demikian, drum akan bermuatan positif lagi.
Demikianlah cara kerja mesin fotocopy yang perlu Anda ketahui. Selain mengetahui cara kerjanya, Anda juga perlu tahu cara pemeliharaan mesin fotocopy. Dengan demikian, mesin fotocopy akan selalu dalam keadaan prima dan siap pakai. Baca Juga : Cara Memeriksa Kualitas Mesin Fotocopy Second, Semoga Bermanfaat.

Previous
Next Post »