Bagian-Bagian Mesin Fotocopy dan Fungsinya Dengan Tepat

Bagian-bagian mesin fotocopy dan fungsinya dengan tepat. Bila Anda mempunyai mesin fotocopy, baik berupa Xerox, Agfa, Canon, Konica Minolta maupun yang lainnya, tentu yang harus kita perhatikan adalah mengenali dan memahami komponen-komponen mesin fotocopy dan fungsinya. Hal ini tentu sangat penting supaya saat mesin fotocopy mengalami kerusakan atau error, dengan begitu Anda pun bisa lebih tanggap untuk memperbaiki kerusakan pada mesin fotocopy tersebut.

Untuk Anda yang ingin mengenali bagian-bagian pada mesin fotocopy, berikut kami sajikan ulasannya:

1. Lampu Scanner
Komponen ini terletak pada permukaan bagian atas kaca, dimana fungsinya untuk melakukan scan berkas atau memindahkan berkas yang tengah disalin. Saat lampu scanner tersebut menyala, sebaiknya tidak dilihat sebab bisa mengakibatkan kerusakan pada mata. Hal ini dikarenakan sinar pada lampu scanner sendiri tergolong sinar ultraviolet, sebagai sinar yang berbahaya untuk kesehatan mata.
bagian bagian mesin fotocopy beserta fungsinya,cara menggunakan mesin fotocopy,fungsi mesin fotocopy terbaru,cara kerja mesin fotocopy berdasarkan listrik statis,pengertian mesin fotocopy,

Tips Merawat Mesin Fotocopy Agar Awet

2. ADF (Automatic Document Feeder)
Bagian-bagian mesin fotocopy dan fungsinya berikutnya pada ADF, dimana komponen ini terletak bagian atas mesin. Adapun fungsi ADF ini yaitu sebagai penutup fotocopy, dan juga menyalin berkas dengan otomatis sehingga tak perlu menyalin berkas satu demi satu kembali.

3. Korona Atas
Komponen pada mesin fotocopy berupa Korona Atas ini berada di unit drum, berfungsi membersihkan keseimbangan pada drum saat drum menyalin gambar.

4. Korona Bawah
Bagian mesin fotocopy yang satu ini berlokasi pada unit pemanas serta berfungsi mengatur keseimbangan terhadap jalannya kertas saat melalui area drum. Adapun untuk perawatan korona bawah ini, dianjurkan untuk dibersihkan dengan rutin dan sebaiknya tiap hari dibersihkan terutama jika mesin ini sering dipakai. Adapun tujuannya supaya hasil dari fotocopy pun dengan performa yang baik.

5. Stack Bypaass
Bagian dalam mesin fotocopy ini terletak dibagian samping, yang berfungsi sebagai jalur cepat pengcopyan.

6. Kaset Kertas
Terletak dibawah mesin fotocopy, berfungsi menampung kertas untuk difotokopi. Dimana sebaiknya saat mengisi kertas dianjurkan mengisinya secara pelan-pelan sebab bagian tersebut mudah sekali patah.

7. Drum
Drum berfungsi mencetak gambar dari pantulan proyeksi yang dihadirkan. Di antara komponen yang terdapat pada mesin fotocopy sendiri, drum merupakan komponen termahal dimana harganya mencapai 8 jutaan tiap unitnya. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati menggunakannya. Adapun ciri-ciri dari drum yang bagus kualitasnya yaitu jika terdapat blank hitam sehingga hasilnya pun akan terdapat full hitam atau tak terdapat bintik-bintik berwarna putih.

8. Cleaning Blade
Bagian-bagian mesin fotocopy dan fungsinya berikutnya adalah cleaning blade yang terletak di unit drum berfungsi membersihkan semua sisa dari tinta atau toner yang menempel pada permukaan drum. Bila cleaning blade sendiri sudah bocor, dengan begitu hasil dari fotocopy mengalami garis berwarna hitam dan panjang.

9. Heater
Heater atau pemanas sendiri terletak pada unit 1 berfungsi untuk mengepres tiap hasil fotocopy supaya hasil yang diperoleh pun tidak luntur. Anda juga harus berhati-hati dengan bagian ini sebab ada lower dan upper roll dengan suhu yang begitu panas, bila disentuh maka bisa membuat tangan pun menjadi cedera.

10. Developing
Fungsi bagian ini yaitu menampung tinta atau toner yang masuk menuju area drum. Anda harus berhati-hati saat memasukkan bagian-bagian ini sebab lokasinya berdampingan bersama drum. Hal tersebut untuk mencegah kontak fisik yang terjadi bersama drum, dianjurkan saat memasukkannya mesti sejajar, dan tak boleh miring.

Sebenarnya masih banyak sekali bagian-bagian yang terdapat pada mesin fotocopy lainnya yang tak bisa dibahas satu per satu. Dengan mempelajari semua bagian-bagian mesin fotocopy dan fungsinya seperti di atas, tentu kita tak akan terlalu kebingungan saat mengoperasikan mesin fotocopy dan mengatasi kerusakan yang terjadi.

Previous
Next Post »