Cara Merawat Mesin Fotocopy Mini Murah Agar Awet

Mesin fotocopy mini murah sekarang ini menjadi salah satu mesin fotocopy yang banyak digunakan di kantor ataupun di sekolah. Penggunaan mesin fotocopy mini ini memang lebih disarankan untuk kantor dan sekolah, hal ini dikarenakan dengan penggunaan mesin fotocopy mini bisa menghemat ruang dan biaya untuk membelinya. Walaupun tergolong mesin fotocopy murah, namun mesin fotocopy murah harus tetap dirawat agar bisa tahan lama.

Adapun cara merawat mesin fotocopy mini ini yaitu:

1. Bersihkan bagian regist roll
Mesin fotocopy mini murah harus dirawat pada bagian regist roll pada mesin. Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dalam mesin fotocopy. Cara membersihkan bagian regist roll ini cukup mudah yaitu dengan menggunakan kain kering untuk mengelap regist roll sampai bersih. Regist roll ini perlu dibersihkan secara berkala agar hasil fotocopy tetap bagus tanpa adanya noda pada kertas.
Bagian drum fotocopy juga perlu dirawat secara berkala. Cara merawat pada bagian drum ini biasanya dilakukan pada saat akan mengisi kembali tinta pada mesin fotocopy atau pada saat tinta habis. Perawatan bagian drum mesin fotocopy ini bisa dilakukan dengan cairan khusus yang bernama sampolly. Dalam membersihkan drum ini, Anda harus berhati-hati jangan sampai drum tergores.

3. Bersihkan kaca scanner
Kaca scanner merupakan bagian yang sangat penting dalam mesin fotocopy, namun bagian ini sering luput dalam hal perawatan. Bagian kaca scanner ini sebaiknya dibersihkan secara berkala dengan lap yang sudah dibasahi dengan alkohol. Pembersihan kaca scanner ini bertujuan untuk menghilangkan noda pada scanner.

4. Bersihkan kuku fotocopy
Bagian kuku fotocopy merupakan bagian yang cukup penting, hal ini dikarenakan bagian kuku inilah yang mengatur masuk dan keluarnya kertas pada mesin. Sebaiknya bagian kuku ini harus dibersihkan agar tidak ada kertas yang slip pada saat menggunakan mesin fotocopy.

5. Bersihkan bagian luar mesin
Bagian luar mesin berupa bodi mesin juga harus dibersihkan secara berkala. Perawatan ini bisa dilakukan dengan cara membersihkannya menggunakan lap basah kemudian dikeringkan dengan menggunakan lap kering. Untuk bagian bak kertas cukup bersihkan saja dari debu yang menempel.

6. Gunakan selalu tinta berkualitas dan kertas yang sesuai
Agar mesin fotocopy portable murah tetap awet dan tidak mudah rusak, maka gunakanlah selalu tinta yang berkualitas bagus. Selain itu, gunakan pula kertas yang tidak terlalu tipis dan tidak pula terlalu tebal agar mesin fotocopy bisa awet dan tidak mudah rusak.

Perawatan yang dilakukan untuk mesin fotocopy mini murah ini harus dilakukan secara rutin. Apalagi jika mesin fotocopy sering digunakan, tentu saja perawatan yang dilakukan juga harus lebih. Waktu minimal yang cukup efektif untuk merawat mesin fotocopy mini adalah 1 bulan sampai 3 bulan sekali. Perawatan ini dilakukan tergantung pada penggunaan dari mesin fotocopy mini ini. Melakukan perawatan berkala ini akan membuat mesin fotocopy mini Anda tetap dalam keadaan bagus dan tidak mudah rusak.

Previous
Next Post »