Tips Cara Merawat Mesin Fotocopy

Tips Cara Merawat Mesin Fotocopy - Mesin fotocopy adalah mesin elektronik yang perlu dirawat bagian dalamnya sehingga mesin fotocopy awet dan tahan lama untuk dipergunakan sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang memiliki bisnis jasa fotocopy atau memiliki mesin fotocopy di perusahaan. Sebenarnya cara merawat mesin fotocopy tidak sesulit yang dibayangkan, Anda dapat melakukannya sendiri agar mesin fotocopy tidak cepat rusak dan sering diperbaiki oleh teknisi ahlinya.

Nah, sebelum memulai tips cara merawat mesin fotocopy yang tepat, Anda perlu mengetahui dulu mengenai pengertian mesin fotocopy. Mesin fotocopy adalah mesin yang dibuat untuk menggandakan salinan kertas dengan berbagai ukuran. Mesin ini menggunakan cahaya, muatan yang mengandung listrik statis disertai bahan kimia sehingga mampu menyalin dokumen dan ilustrasi ke dalam lembaran kertas cetak. Chester F Carison adalah penemu mesin fotocopy pada tahun 1939 yang berasal dari Amerika Serikat. Mesinnya dinamakan mesin Xerox.

cara merawat mesin fotocopy ir 5000,cara merawat mesin fotocopy ir 6570,cara membersihkan drum mesin fotocopy,cara kerja mesin fotocopy,mesin fotocopy mini murah,bagian mesin fotocopy,

Tips Sewa Mesin Fotocopy Untuk Usaha

Kemudian setelah mengetahui apa itu mesin fotocopy, Anda perlu mengetahui cara kerja mesin fotocopy agar lebih mudah melakukan perawatan pada mesin fotocopy nantinya. Cara kerja mesin ini didasari oleh adanya daya tarik dari dua bahan dengan muatan listrik berlawanan, ketika terkena cahaya bahan-bahan itu menjadi penghantar listrik yang lebih baik. Berdasarkan cara kerja tersebut, maka dibuatlah bagian-bagian mesin fotocopy yang terdiri dari kertas master, drum pemutar, cahaya reflektor, tinta atau toner dan kertas hasil fotocopy.

Setelah memahami semua bagian tersebut maka Anda dapat melakukan perawatan harian pada mesin fotocopy. Berikut ini tips cara merawat mesin fotocopy, yaitu:

1. Bersihkan beberapa bagian mesin fotocopy
Bersihkanlah bagian luar dan dalam mesin minimal seminggu sekali. Bagian luar mesin fotocopy dibersihkan dari debu kotoran yang menempel dan jauhkan dari benda kecil seperti klip, paku payung dan isi staples agar tidak masuk ke dalam mesin. Bagian dalam mesin yang dibersihkan yaitu regist roll, drum, kaca dan kuku-kuku (claw). Anda dapat membersihkannya dengan lap kain lembut serta alkohol atau semprotan untuk celah yang sulit dijangkau.

2. Menghindari penggunaan kertas yang terlalu tebal
Hindarilah penggunaan kertas yang tebal untuk mencetak hasil foto kopian. Apalagi jika dipergunakan dari bagian samping, mesin fotocopy karena membuat permukaan drum mesin fotocopy tergores dan cepat rusak. Pilihlah kertas yang ukurannya sesuai dengan mesin fotocopy tersebut.

3. Memakai tinta atau toner yang berkualitas
Pilihlah tinta yang cocok untuk tipe mesin fotocopy Anda. Jangan sembarangan menggunakan tinta murah karena kualitasnya diragukan. Tinta yang baik akan menghasilkan kualitas cetak prima dan drum mesin menjadi awet.

4. Memeriksa sparepart dan tinta
Lakukan pemeriksaan dua minggu sekali untuk sparepart dan batas tinta mesin fotocopy. Jika toner dalam batas minimal penggunaan, maka terjadi tekanan tambahan pada mesin fotocopy sehingga mesin tidak tahan lama. Sparepart dalam mesin fotocopy juga perlu diperiksa meski tidak ada kendala sebelumnya.

5. Membaca petunjuk jika terjadi kemacetan ketika memfotocopy
Jika mesin fotocopy tiba-tiba macet ketika sedang menyalin, jangan bertindak sembarangan. Baca petunjuk di layar mesin fotocopy untuk mendeteksi masalah. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda rutin mengganti tinta dan membersihkan mesin fotocopy.

Demikianlah informasi mengenai cara merawat mesin fotocopy yang dapat dijadikan referensi bagi Anda. Ingat, sebelum mesin fotocopy menjadi rusak atau tidak optimal ketika dipergunakan, sebaiknya lakukan perawatan tersebut dengan teratur agar hasil fotocopy juga baik. Ada baiknya melakukan cek rutin sesuai merek mesin fotocopy Anda sehingga mesin menjadi awet dipakainya. Baca Juga : Harga Sewa Mesin Fotocopy Xerox Murah, Semoga Bermanfaat.

Previous
Next Post »