Mengenal Fungsi Mesin Fotocopy dan Bagian-bagiannya

Mesin Fotocopy dan Bagian-bagiannya - Para pelajar dari mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi tentu mengenali bentuk mesin fotocopy karena seringnya menggandakan bahan ajar untuk keperluan belajarnya. Begitu pula dengan para pekerja dari mulai karyawan swasta sampai pegawai negeri yang bidang pekerjaannya membutuhkan mesin fotocopy. Sebenarnya, apa saja fungsi mesin fotocopy? Pembahasan kali ini mengenai hal tersebut serta bagian-bagian dari mesin fotocopy.

Fungsi mesin fotocopy yang utama adalah menggandakan dokumen dengan mencetaknya per lembaran kertas menggunakan tinta berwarna atau tinta hitam saja. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, fitur pada mesin fotocopy ditambahkan, sehingga mesin fotocopy juga dapat dijadikan mesin fax, scan dokumen atau gambar, mencetak dokumen bahkan dapat pula mencetak foto. Mesin fotocopy jadi semakin canggih dengan adanya fitur-fitur tambahan tersebut.
Jika Anda memiliki perangkat mesin fotocopy di kantor atau berbisnis jasa fotocopy, ada baiknya Anda mengetahui cara kerja mesin fotocopy dengan mengenali bagian-bagian mesinnya dulu.
bagian mesin fotocopy dan fungsinya,bagian-bagian mesin fotocopy beserta gambarnya,prinsip kerja mesin fotokopi,cara perawatan mesin fotocopy,makalah mesin fotocopy,komponen mesin fotocopy,

Mengenal Kelebihan Mesin Fotocopy Digital

Berikut ini beberapa bagian dari mesin fotocopy yang perlu diketahui, yaitu:

1. Mainboard
Mainboard adalah bagian utama dari mesin fotocopy karena komponen ini berfungsi untuk mengontrol ‘otak’ mesin fotocopynya. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, harga pergantiannya cukup mahal karena melakukan pergantian komponen utama.

2. Power supply
Power supply termasuk bagian penting dari mesin fotocopy karena alat ini berfungsi untuk memberikan daya listrik pada mesin fotocopy. Jika power supply rusak, Anda dapat menggantinya dengan power supply baru.

3. Drum
Drum adalah bagian mesin fotocopy untuk melakukan proses cetak gambar. Cara kerja komponen ini adalah memantulkan proyeksi yang dihasilkan dari bagian mesin lainnya. Harga komponen ini cukup mahal, bisa mencapai 6-8 juta tiap unitnya. Dibagian drum ada komponen-komponen lain seperti korona atas dan cleaning blade.

4. Heater
Heater atau pemanas termasuk bagian mesin fotocopy yang berfungsi mempres hasil fotocopy agar tidak luntur tintanya. Bagian komponen dari heater cukup banyak, antara lain upper dan lower rool, claw, termistor serta korona bawah.

5. Developing
Bagian dari mesin fotocopy ini termasuk bagian yang penting. Developing berguna seperti layaknya penampung tinta atau toner sebelum dialirkan ke bagian drum mesin. Bagian ini berdampingan dengan sensor developing yang akan mendeteksi ketersediaan tinta di developernya. Jika kosong atau belum diisi, maka muncul keterangan error code.

6. Lampu scanner
Fungsi dari lampu scanner adalah melakukan proses scan pada dokumen. Letak bagian ini berada pada permukaan kaca di atas mesin fotocopy. Jika mesin fotocopy dihidupkan, lampu scanner akan menyala dengan memunculkan sinar sangat terang.

7. Automatic Document Feeder
Fungsi dari Automatic Document Feeder atau ADF adalah melakukan proses cetak dokumen secara otomatis. Selain itu, ADF juga berguna untuk menutupi mesin fotocopy karena letaknya di bagian atas mesin tersebut.

Itulah beberapa bagian komponen mesin fotocopy yang bekerja untuk menghasilkan cetakan berkualitas. Fungsi mesin fotocopy memang terlihat simpel, tapi manfaat mesin fotocopy sangat banyak karena membuat proses pencetakan dan penggandaan dokumen semakin mudah. Tapi jika bagian mesin fotocopy mengalami kendala, ada baiknya Anda segera mengeceknya agar tidak semakin rusak. Nah, semoga informasi kali ini berguna untuk Anda. Baca Juga : Info Harga Mesin Fotocopy Canon IR 6020, Semoga Bermanfaat.

Previous
Next Post »