Mengenal Bagian Bagian mesin fotocopy Beserta Kegunaannya

Bagian bagian mesin fotocopy harus dikenali dan diketahui oleh para pengusaha foto copyan. Hal ini merupakan hal wajib yang harus diketahui oleh para pengguna mesin fotocopy. Dengan mengetahui bagian dari mesin fotocopy, Anda bisa mengoperasikan mesin fotocopy dengan benar dan bisa mengenali kerusakan secara dini pada mesin fotocopy Anda.

Ada beberapa bagian-bagian mesin photocopy yang wajib diketahui, yaitu:

1. ADF
Bagian bagian mesin fotocopy yang sangat penting diketahui adalah ADF. ADF merupakan singkatan dari Automatic Document Feeder. Fungsi dari DF ini adalah sebagai penutup bagian atas mesin fotocopy sekaligus mempunyai fungsi untuk mengcopy otomatis berkas yang akan difotocopy.
bagian bagian mesin fotocopy beserta fungsinya,cara menggunakan mesin fotocopy,bagian-bagian mesin fotocopy beserta gambarnya,artikel mesin fotocopy,cara perawatan mesin fotocopy,

Tempat Sewa Mesin Fotocopy di Jakarta Timur

2. Korona bawah dan korona atas
Korona bawah dan atas ini merupakan bagian penting dalam mesin fotocopy. Walaupun namanya sama, tapi fungsi dari dua komponen mesin fotocopy ini jauh berbeda. Fungsi korona bawah yaitu sebagai pengatur keseimbangan kertas yang akan melalui drum. Sedangkan fungsi dari korona atas yaitu sebagai keseimbangan pada drum saat melakukan fotocopy. Kedua bagian ini harus dirawat agar hasil duplikasi tetap bagus.

3. Lampu scaner
Lampu ini merupakan bagian yang ada dibawah permukaan kaca. Fungsi utama dari lampu ini adalah untuk memindai atau menscan berkas yang akan dicopy. Ketika lampu menyala sebaiknya jangan dilihat langsung, hal ini dikarenakan lampu dari scan ini bisa merusak mata.

4. Baki kertas
Bagian bagian mesin fotocopy yang sangat penting lainnya yaitu baki kertas. Baki kertas ini ada dibagian bawah mesin yang mempunyai fungsi sebagai tempat kertas untuk fotocopy. Pada bagian ini harus dirawat agar kertas tidak mudah melipat dan rusak.

5. Drum
Fungsi utama dari drum ini adalah tempat untuk mencetak hasil proyeksi foto copyan dari berkas utama. Keberadaan drum ini sangatlah penting, hal ini dikarenakan drum merupakan jantung utama dari mesin foto copyan. Drum yang rusak bisa membuat hasil foto copyan tidak maksimal bahkan mesin tidak bisa digunakan.

6. Power suplly
Komponen dari mesin fotocopy ini juga termasuk penting. Hal ini dikarenakan power suplly merupakan pemasok energi utama pada mesin. Tanpa power suplly mesin fotocopy tidak akan bisa digunakan.

7. Regist roll
Regist roll merupakan komponen penting dalam mesin fotocopy. Fungsi utama dari regist roll ini adalah menarik kertas dari baki kertas untuk dibawa menuju drum dimana hasil foto copyan akan dicetak. Jika regist roll rusak maka kertas bisa terjepit bahkan tidak bisa ditarik menuju drum.

Sebenarnya masih banyak lagi bagian bagian mesin fotocopy yang belum disebutkan. Namun bagian-bagian yang disebutkan diatas merupakan bagian penting yang harus diketahui nama dan fungsinya. Dengan mengetahui nama dan fungsi dari setiap bagian mesin fotocopy, Anda akan dengan mudah belajar cara menggunakan mesin fotocopy yang benar. Selain itu, dengan mengetahui fungsi dan bagian dari mesin fotocopy juga akan memudahkan Anda dalam melakukan servis mandiri terhadap mesin fotocopy. 

Previous
Next Post »